Saturday, September 02, 2006

Lelaki dengan senyum bersahaja pada foto disamping ini bernama Hamilton Naki. Meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan kedokteran (karena beliau cuma lulus setingkat SMP), merupakan bagian penting dalam suatu tim bedah.

Kita bisa belajar tentang ketekunan dan reach beyond the limit dari Hamilton. Mungkin semangat ini yang perlu kita bangun pada diri dan lingkungan kita. Bahwa...keterbatasan-keterbatasan yang ada tidak sepatutnya menjadi penghalang untuk mencapai bintang.

Dengan pendidikan SMP, seorang tukang kebun dan penggembala ternak, yang di lahir di sebuah desa miskin di Cape Town. Hamilton menjadi bagian penting dari tim riset yang mempelopori dan membuka jalan bagi transplantasi jantung.
"Meskipun aku selalu dikelilingi oleh banyak ahli bedah disepanjang karirku sebagai dokter bedah, namun Hamilton adalah orang pertama yang mengajariku tentang kesabaran, kerendahan hati, keanggunan dan ketekunan dalam menghadapi permasalahan - sifat-sifat yang kukagumi darinya. Dari pria tanpa latar belakang pendidikan inilah kita bisa belajar tentang sesuatu yang dapat kita wariskan" (ungkapan Rosemary Hickman).
Bila Hamilton dengan segala keterbatasannya bisa memiliki pencapaian tertinggi, mengapa kita tidak?
Bila Hamilton mampu mewariskan sesuatu yang berarti, mengapa kita tidak?
Setidak-tidaknya kita bisa berbagi semangat dengan banyak saudara-saudara kita yang memiliki banyak keterbatasan. Agar mereka tidak menyerah dan mundur.
Bila Anda memerlukan artikel lengkap tentang Hamilton Naki (dicopy dari Reader's Digest Indonesia), silahkan e-mail aku di mutiara_9@yahoo.com [ karena aku belum bisa cara nge-link file ke blog ini :)0 ]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home