Monday, February 27, 2006

I love Monday!

Sesuai janji. Foto pada posting tanggal 24 Feb 2006 kemarin adalah foto ceria anak-anak kecil di sebuah TK yang dihantam tsunami 26 Des 2005. Sekolah mereka benar-benar hancur, syukurnya mereka saat itu sedang tidak di sekolah.

3 bulan setelah tsunami kami berkunjung ke sekolah tersebut, bercengkerama dengan tawa dan polah mereka yang lucu. Tak ada gurat duka dalam wajah mereka. Tapi aku punya cerita yang lucu dan mengharukan.

Saat akan pulang, mereka melepas kami di pintu pagar sekolah. "Dadah bule", kata mereka sambil melambaikan tangan kepada kami.
"Oh...mereka panggil aku bule (baca: bibi dalam bahasa Jawa)", pikirku. Di mobil aku bertanya kepada teman kami yang orang Aceh asli, "mereka lebih akrab dengan bahasa Jawa ya?"
"Bukan...bukan begitu...mereka menganggap kalian bule. Bagi mereka orang-orang selain Aceh adalah orang bule", terangnya.
"Duh...", batinku, "sedemikian tertinggalnyakah saudara-saudaraku, sehingga aku disebut bule?"

Tapi tak hanya di situ....di Aceh....di Yakohimo-pun saudara-saudara kita yang kelaparan tak kita ketahui karena sedemikian tertinggalnya mereka dalam telekomunikasi. Di Medan-pun ada saudara-saudara kita yang sekeluarga mengalami polio...tak kita ketahui.

Kapan kita ada dan berbuat buat saudara-saudara kita?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home